Kembali Ketuk Android, Lihat Cara Mengaktifkan Seperti Perangkat iPhone

Kembali Ketuk Pengguna Android dapat mengaktifkan seperti pada perangkat iPhone. Pasalnya, back tap merupakan salah satu fitur tersembunyi di perangkat iPhone.

Melalui fitur ini, pengguna dapat mengaktifkan beberapa perintah seperti screenshot untuk mengaktifkan lampu kilat. Caranya tekan bagian belakang body hp kita seperti fitur yang ada di iphone ios 14.

Namun tahukah Anda bahwa fitur ini bisa Anda terapkan di perangkat berbasis Android. Lalu bagaimana cara mengaktifkan fitur ini khusus di perangkat berbasis Android?

Baca juga: Cara Custom ROM Android ke iPhone, Baca Selengkapnya Disini!

Cara Mengaktifkan Fitur Back Tap Android

Pembaruan sistem operasi iPhone yakni iOS 14 menghadirkan pembaruan yang cukup beragam. Salah satunya adalah fitur back tap yang juga bisa diterapkan pengguna di perangkat Android.

Seperti yang kita ketahui, iPhone bisa disebut sebagai rajanya smartphone. Dengan kualitas, fitur, dan harga yang unggul.

Sementara itu, pada pembaruan versi iOS 14 ini, iPhone menghadirkan segudang fitur. Salah satu fitur yang cukup menarik dan berguna adalah fitur back tap.

Ini adalah fitur yang memperkenalkan gerakan kontrol yang cukup rapi pada perangkat. Melalui fitur back tap, memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan fungsi tertentu hanya dengan mengetuk bagian belakang iPhone.

Saat ini, pengguna juga dapat menghadirkan fungsionalitas ini ke ponsel Android mereka dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga.

Baca Juga: Font Ponsel iPhone di Android? Simak Cara Mudahnya Disini!

Apa itu Fitur Back Tap?

Ini adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengetuk dua kali di bagian belakang casing smartphone untuk melakukan suatu tindakan.

Baca Juga :  Realme Pad Mini Tablet Meluncur di Filipina, Cek Spesifikasi dan Harganya!

Dengan fitur back tap Android ini, pengguna dapat mengatur gerakan back tap dalam membuat screenshot atau volume. Bisa juga saat akan membuat aplikasi.

Hal ini tentunya sangat menarik dan sangat membantu pengguna ketika akan melakukan suatu aktivitas. Selain itu, bagi pengguna yang akan masuk ke shortcut, cukup tap 2 kali di bagian belakang casing smartphone.

Pengguna fitur back tap sepenuhnya bergantung pada apa yang Anda gunakan di ponsel Anda. Jika Anda sering meluncurkan tugas atau aplikasi tertentu, maka Anda akan meluncurkannya menggunakan gerakan tap back.

Lalu, jika fitur ini juga berlaku untuk perangkat Android, bagaimana cara mengaktifkannya?

Aktifkan Fitur Back Tap dengan Aplikasi Tap Tap

Pemilik ponsel Android juga dapat mengaktifkan fitur back tap dengan menggunakan aplikasi bernama Tap Tap. Untuk menggunakan aplikasi ini, kita tidak bisa mendapatkannya dari Play Store.

Tapi harus cari di google. Aplikasi Tap-Tap akan berfungsi di perangkat Android apa pun setelah Android 7.

Langkah Mengaktifkan Kembali Ketuk

Berikut beberapa langkah untuk mengaktifkan fitur back tap pada perangkat Android, antara lain:

  1. Langkah pertama, Anda harus mengizinkan aplikasi untuk menggunakan fitur aksesibilitas pada perangkat yang Anda gunakan. Untuk dapat melakukan ini, cukup klik “Layanan Aksesibilitas.” Selanjutnya akan membawa Anda ke menu yang sesuai melalui pengaturan.
  2. Selanjutnya Anda akan melihat daftar aplikasi yang dapat Anda aktifkan, lalu pilih Tap Tap Flashlight, dan aktifkan.
  3. Ketuk Nonaktifkan Pengoptimalan Baterai, lalu ketuk Izinkan.
  4. Kemudian pilih menu Double Tap Action untuk mulai menambahkan ketuk aksi menu di bagian bawah Tambahkan Tindakan.
  5. Selanjutnya Anda dapat menambahkan tindakan seperti, ambil tangkapan layarbuka bilah notifikasi, dan buka aplikasi.
  6. Langkah-langkah mengaktifkan back tap Android selanjutnya, setelah memilih tindakansekarang mengetuk Tambahkan menu Persyaratan. Kemudian Anda bisa memilih action sesuai fungsinya, misalnya pilih Display on.
  7. Langkah selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengonfirmasi pemberian akses ini. Pasalnya, aplikasi secara teoritis akan bisa membaca isi layar ponsel Anda.
Baca Juga :  Spesifikasi HP Poco F4 GT, Menggunakan Chipset Snapdragon 8 Gen 1

Baca Juga: Cara Membuat Kamera Android Seperti iPhone, Pahami Trik Mudahnya!

Menariknya, Anda bisa meningkatkan layanan dengan mematikan pengoptimalan baterai di aplikasi yang satu ini. Namun perlu Anda ingat, hal ini juga dapat mengurangi umur baterai perangkat.

Kemudian Anda juga dapat mengatur sensitivitas ketukan, memungkinkannya berfungsi saat layar mati, hingga bergetar setiap kali berhasil menggunakan gerakan.

Dengan menggunakan fitur back tap Android, Anda dapat membuat perangkat HP Anda lebih canggih. Apalagi sangat membantu Anda dalam mengoperasikan aplikasi atau shortcut hanya dengan satu jari. Tidak hanya double tap, kamu juga bisa mencoba fitur triple tap di smartphone kamu. (R10/HR-Online)