Cara Cek Versi Android Tanpa Ribet untuk Semua Merek Smartphone

Cara cek versi Android kini bisa dilakukan dengan mudah. Dengan cara ini bisa mendapatkan informasi apakah Android Anda masih layak atau tidak.

Saat ini keberadaan perangkat Android sudah menjadi kebutuhan pokok yang dimiliki hampir semua orang. Dengan adanya perangkat tersebut bisa masyarakat gunakan untuk berbagai kebutuhan.

Mulai dari komunikasi, fasilitas pekerjaan, pendidikan, dan masih banyak lagi. Sama seperti perangkat-perangkat lainnya, Android juga hadir dengan spesifikasi dan komponen yang ada dalam ponsel tersebut.

Sebenarnya untuk mengetahui informasi tersebut tidaklah sulit. Biasanya saat membuka dan melihat tampilan home ponsel Android versinya sudah terlihat.

Hal ini karena setiap perangkat terutama flagship selalu memiliki update versi Android pada bagian atasnya. Namun bagi Anda yang masih bingung, untuk mengetahuinya jangan panik.

Sebab, kini ada banyak cara cek versi Android yang bisa Anda lakukan tanpa ribet. Cara ini cukup mudah, bahkan tanpa harus membutuhkan bantuan aplikasi maupun customer service.

Baca Juga: Cara Voice Changer di Android, Bisa Mengubah Suara Agar Lebih Keren!

Cara Cek Versi Android Agar Tetap Update

Penggunaan ponsel Android yang semakin diminati membuat berbagai perusahan smartphone terus melakukan perubahan. Bahkan inovasi terbaru yang mereka lakukan guna memenuhi kebutuhan konsumen.

Setiap tahunnya, versi Android mengalami perubahan yang selalu berbeda. Setiap smartphone yang dikeluarkan di pasaran memiliki versi Android terbaru.

Sedangkan untuk perangkat Android yang sudah beredar lebih dari 1 tahun,

biasanya menggunakan versi model lawas. Untuk itu, bagi Anda yang kira-kira sudah memiliki smartphone model lama sebaiknya lakukan pengecekan versi Android.

Hal ini bertujuan agar Anda tetap bisa melakukan update terbaru. Perusahan pemilik smartphone biasanya memberikan notifikasi pembaruan sistem secara berkala.

Baca Juga :  HP Realme Q5 Series Akan Debut di China, Dukung Fast Charging 80W!

Meski demikian, bagi Anda pemilik smartphone lama ada baiknya untuk selalu melakukan update agar tidak ketinggalan. Cara ini cukup penting, sebab jika melakukan update versi Android secara teratur mampu memperbaiki bug.

Smartphone mendapatkan fitur terbaru yang tidak akan Anda temukan pada perangkat Android lama. Sebelum melakukan update, Anda perlu tahu cara melakukan pengecekannya.

Sebenarnya cara untuk mengetahui versi Android cukup dengan search di Google.

Namun masih ada cara lain yang bisa Anda lakukan bahkan jauh lebih mudah. Tanpa menggunakan kuota internet, Anda sudah dapat mengetahui versi Android.

Baca Juga: Cara Mengganti DNS di Android dengan Langkah Mudah Pemula pun Bisa

Tutorial Melihat Versi Android Tanpa Kuota Internet

Setelah Anda tahu bagaimana cara cek versi Android tinggal untuk melihatnya.

Berikut ini ada beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk melihat versi Android yaitu:

  1. Buka menu pengaturan Android
  2. Scrol ke bawah hingga menemukan tentang perangkat
  3. Klik “tentang perangkat”
  4. Dari sini Anda akan melihat beberapa informasi mengenai perangkat Android. Mulai dari versi kernel, nomor model, versi Android, nama perangkat, dan informasi lainnya. Jika yang Anda cari adalah versinya, maka bisa melihat pada kolom versi Android
  5. Saat mengklik kolom versi akan muncul informasi yang Anda inginkan. Namun masih banyak orang yang tidak mengerti akan arti dari versi Android angka. Padahal cara untuk mengetahuinya cukup dengan mengklik kolom versi Android secepat dan sebanyak mungkin.
  6. Jika Anda berhasil akan muncul logo dari versi Android perangkat tersebut. Namun jika logo tidak muncul menandakan masih kurang cepat saat mengkliknya. Kecepatan ketukan yang harus dilakukan sama seperti Anda mengetuk pintu dengan terburu-buru. Gunakan cara ini sampai berhasil.
Baca Juga :  HP Xiaomi Mix Fold 2, Dapatkan Peningkatan Tampilannya

Baca Juga: Cara Kerja Auto Clicker Android dan Langkah untuk Menggunakannya

Cara Update Android Versi Terbaru

Selain menggunakan cara cek versi Android, Anda juga bisa mengubahnya menjadi versi terbaru. Cara ini bisa Anda lakukan untuk mendapatkan sistem operasi yang tidak jadul.

Adapun cara yang bisa Anda lakukan yaitu buka menu pengaturan. Selanjutnya masuk pada menu sistem > lanjut > pembaruan sistem. Dengan mengikuti langkah tersebut Anda cukup menunggu prosesnya selesai.

Saat ini beberapa smartphone sudah bisa restart secara otomatis setelah melakukan update Android versi baru terinstal. Seperti yang kita ketahui jika jenis atau versi Hp Android kini cukup banyak.

Namun pengguna terbanyak yaitu sistem operasi Android pada Hp. Android memiliki harga yang relatif murah, namun spesifikasinya beragam.

Anda pun bisa gunakan cara cek versi Android untuk bisa melakukan update. Sehingga sistem operasinya tidak akan tertinggal dengan Android versi terbaru. (R10/HR-Online)