Cara Deteksi Uang Palsu dengan Android Bisa? Simak Ulasannya!

Cara deteksi uang palsu dengan Android dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan adanya aplikasi tambahan. Seperti yang kita ketahui, peredaran uang palsu yang cenderung meningkat jelang lebaran tentu menuntut kewaspadaan kita bersama.

Dalam hal ini, tidak sedikit masyarakat yang merasa ragu dengan ciri serta keaslian uang yang telah beredar. Namun tidak perlu khawatir, kini terdapat teknologi berbasis Android yang dapat Anda gunakan untuk mengenali ciri-ciri uang rupiah yang asli.

Pada tahun 2018 lalu, Bank Indonesia (BI) telah membangun aplikasi yang dapat masyarakat unduh melalui ponsel pintar untuk mendeteksi uang palsu.

Aplikasi tersebut bernama Gempur atau Gerakan Masyarakat Pecinta Uang Rupiah. Dengan hadirnya aplikasi ini, diharapkan masyarakat dapat membedakan antara uang asli degan uang palsu.

Baca Juga: Cara Menggunakan Share VPN di Android, Akses Internet Lebih Bebas!

Cara Deteksi Uang Palsu di Android dengan Aplikasi Gempur

Seperti yang kita tahu bahwa uang merupakan alat tukar atau biasa masyarakat gunakan untuk membeli sesuatu. Maka tidak bisa kita pungkiri bahwa uang mempunyai peranan penting dalam berbagai aktivitas kehidupan.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, uang merupakan alat tukar atau standar pengukur nilai atau satuan hitungan yang sah.

Pemerintah dalam suatu negara mengeluarkan uang berupa kertas, emas, perak, atau logam. Lalu melalui proses cetak dalam bentuk serta gambar tertentu.

Bahkan penggunaan uang hampir tidak terlepas dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh karena itu, selain harus bijak dalam penggunaannya, kita perlu waspada serta berhati-hati terhadap tindak kejahatan pemalsuan uang. Khususnya rupiah yang telah menjadi alat tukar resmi di Indonesia.

Selain dapat Anda lakukan dengan cara manual, saat ini terdapat cara deteksi uang palsu dengan menggunakan perangkat Android.

Baca Juga :  HP Samsung Galaxy A73 5G diluncurkan di India, mulai dijual 8 April mendatang

Pasalnya, Tidak sedikit masyarakat yang masih merasa bingung dengan cara membedakan mana uang kertas asli dengan uang kertas palsu. Maka sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara mengenali uang asli atau palsu.

Baca Juga: Notifikasi Android Hilang, Simak Cara untuk Memulihkan!

Mengenal Apa Itu Aplikasi Gempur dan Cara Menggunakannya

Untuk melakukan deteksi uang palsu dengan menggunakan perangkat Android saat ini dapat Anda lakukan dengan mudah. Dalam hal ini Anda memerlukan adanya bantuan aplikasi untuk melakukannya.

Seperti yang telah kita sebutkan di awal, bahwa Bank Indonesia telah menghadirkan aplikasi yang bernama Gempur (Gerakan Masyarakat Pecinta Uang Rupiah).

Ini merupakan aplikasi yang telah diterbitkan oleh KPw Bank Indonesia Jember. Tujuan hadirnya aplikasi ini adalah untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan penukaran uang serta hal lain yang berhubungan dengan mata uang rupiah.

Aplikasi Gempur dapat Anda unduh secara gratis melalui Google Play Store. Bahkan cara menggunakannya pun cukup mudah. Setelah mengunduh serta membuka aplikasi, Anda pun dapat secara langsung mengetahui ciri-ciri uang rupiah asli edisi terbaru.

Selain tetap menerapkan standar keamanan 3D yakni dilihat, diraba, serta diterawang, penggunaan aplikasi ini pun cukup efektif.

Hal ini sebagai cara deteksi uang palsu dengan perangkat Android. Sehingga dapat mengetahui ciri uang asli atau palsu yang beredar di masyarakat.

Aplikasi Gempur memungkinan Anda mengambil langkah keamanan yang tepat. Hal ini dapat menjadi cara deteksi uang palsu dengan aplikasi yang telah Anda unduh di perangkat Android.

Melalui layar ponsel Anda dapat mendeteksi uang tersebut apakah asli atau tidak kapan saja, baik dalam kondisi gelap atau terang. Selain itu, tampilan watermark pun cukup kuat untuk Anda gunakan kapan saja dan di mana saja.

Baca Juga :  HP Oppo A57 5G Resmi Dirilis, Cek Spesifikasi dan Harganya

Baca Juga: Cara Menghapus Email di HP Android, Folder Lebih Rapi Memori Lapang

Tips Hindari Menerima Uang Palsu

Supaya tidak tertipu dengan peredaran uang palsu, maka penting bagi Anda untuk melakukan sejumlah antisipasi. Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan supaya tidak menerima uang palsu antara lain:

  • Luangkan waktu untuk meneliti uang yang telah Anda terima dengan cara 3D (dilihat, diraba dan diterawang)
  • Sebaiknya melakukan transaksi di tempat pencahayaan yang baik
  • Lakukan penukaran uang di tempat resmi
  • Tips selanjutnya lakukan pembayaran secara non tunai.

Masyarakat dalam hal ini baik perbankan serta Penyelenggara Jasa Pengolahan Uang Rupiah (PJPUR) mempunyai peran penting dalam mencegah serta menekan jumlah peredaran uang palsu. Dengan aplikasi Gempur menjadi salah satu cara deteksi uang palsu dengan Android yang dapat Anda terapkan untuk meminimalisir peredaran uang palsu. (R10/HR-Online)