Cara Install Android 13 dengan Beberapa Metode Termasuk Fastboot

Cara install Android 13 bisa Anda lakukan dengan beberapa metode. Salah satunya menggunakan metode Fastboot.

Anda cukup mengikuti langkahnya secara urut dan pasti akan berhasil. Android 13 kabarnya segera rilis dalam waktu dekat ini.

Meski demikian, bukan berarti Anda tidak bisa mencobanya lebih dulu. Google baru saja merilis Android 13 Developer Preview 1, OS dengan code nama Tiramisu. Meski hanya untuk developer.

Bukan berarti Anda sebagai orang awam tidak bisa menggunakannya. Meski demikian untuk aksesnya cukup terbatas, hanya untuk ponsel Google Pixel saja.

Jika Anda masih penasaran bisa ikuti bagaimana cara install Android 13 sekarang juga.

Baca Juga: Cara Menggunakan Kinemaster di Android untuk Editing Video, Ini Tipsnya

Cara Install Android 13 dengan Beberapa Metode

Baru-baru ini Google kabarnya akan segera meluncurkan penamaan kode Android terbarunya. Perusahaan berbasis di Mountain View, California ini memilih Tiramisu sebagai nama versi terbarunya.

Cara untuk menginstalnya juga cukup mudah. Ada metode mudah yang bisa Anda gunakan. Caranya cukup sambungkan Google Pixel dengan PC.

Namun sebelumnya Anda perlu pastikan jika PC sudah memiliki Android Flash Tool Google. Setelah itu, Anda bisa download dan install Android 13 Developer Preview 1 ke ponsel kesayangan.

Dengan adanya keterbatasan akses, mengakibatkan Android 13 memiliki potensi bermasalah dengan kestabilan. Saat Anda ingin memulai menggunakannya, ada baiknya untuk membackup data ke PC.

Cara Install Melalui Metode Fastboot

Selain menggunakan cara mudah sebelumnya masih banyak metode yang bisa digunakan. Salah satunya cara instal Android 13 menggunakan metode fastboot.

Baca Juga :  Cara Menghapus iCloud iPhone Second dengan Mudah dan Aman

Adapun langkah-langkah yang bisa Anda lakukan yaitu:

Install Android SDK

Langkah awal sebagai cara instal Android 13 yaitu dengan memiliki alat platform SDK Android di PC. Fastboot resmi disediakan Google untuk membantu Anda memberikan folder platform-tools yang akan digunakan selanjutnya.

Baca Juga: Cara Masuk Deep Web di Android dengan Mudah, Aman Melalui Aplikasi

Install Gambar Pabrik Android 13

Langkah berikutnya Anda juga perlu mengunduh atau install firmware Android 13 yang sesuai dengan perangkat.

Untuk menggunakan metode fastboot sebagai cara install Android 13, Anda perlu unduh gambar pabrikan dan buka file OTA.

Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlocking

Selanjutnya Anda perlu mengaktifkan USB debugging dan OEM unlocking untuk membuat perangkat Anda dikenali PC. Dengan cara ini kemungkinan untuk mem-boot perangkat ke mode fastboot.

Sedangkan untuk OEM unlocking bertugas melakukan proses unlocking bootloader. Selanjutnya buka kunci bootloader dan boot ke mode fastboot. Adapun langkahnya yaitu:

  1. Hubungkan perangkat dengan PC melalui USB, pastikan debugging aktif
  2. Buka folder platform-tools dengan ketik CMD pada bagian alamat> tekan enter
  3. Ikuti perintah selanjutnya untuk mem-boot perangkat ke mode fastboot
  4. Untuk memverifikasi koneksinya Anda akan mendapatkan informasi ID perangkat.

Pertahankan Data

Cara instal Android 13 dengan metode fastboot selanjutnya yaitu dengan mempertahankan data. Anda bisa install editor teks tingkat lanjut, selanjutnya menuju ke folder firmware yang diekstrak> klik kanan pada file flash-all.exe.

Kemudian pilih Show More Option > Edit with Notepad++. Hapus kata kunci -w dari perintah pembaruan fastboot. Setelah selesai tekan Ctrl + S untuk menyimpan perubahan.

Install Android 13 Menggunakan Fastboot

Jika sudah mengikuti beberapa langkah sebelumnya cara install Android 13 selanjutnya yaitu pastikan perangkat di boot ke fastboot dan terhubung ke PC melalui USB.

Baca Juga :  Realme Pad Mini Tablet Meluncur di Filipina, Cek Spesifikasi dan Harganya!

Selanjutnya bisa buka folder firmware yang Anda ekstrak dan klik 2 kali pada flash-all.exe. Proses flashing dapat Anda mulai dan secara otomatis reboot ke fastboot serta mode fastboot D.

Setelah proses selesai, perangkat kemudian akan boot ke OS. Dengan mengikuti langkah secara berurutan membantu Anda semakin mudah untuk install.

Baca Juga: Cara Aktifkan Infrared di Android pada Beberapa Merk HP, Berikut Tipsnya

Fitur Android 13

Selain cara install Android 13 bisa Anda lakukan dengan mudah, ada penawaran banyak fitur yang lainnya. Menurut informasinya, Android 13 menawarkan beberapa theme bawaan dengan warna biru, privacy yang diperketat dan fitur keamanan baru.

Google melakukan perombakan opsi mengarsipkan aplikasi. Sehingga 60% data dapat terhapus dan sisanya di penyimpanan media ponsel.

Hal ini dilakukan untuk memudahkan pengguna jika ingin install aplikasi yang telah terhapus.

Dengan cara install Android 13 membantu memudahkan Anda melakukan proses pemulihan kembali aplikasi. Bahkan langsung mendapatkan versi terbaru dari aplikasi yang terpasang kembali, fitur ini kabarnya akan tersedia di Android 13. (R10/HR-Online)