Cara Jailbreak iPhone Aman dan Praktis, Pahami Langkah Mudahnya!

Cara jailbreak iPhone cukup mudah untuk dilakukan tanpa harus menggunakan jasa jailbreak yang pada umumnya memasang tarif yang cukup tinggi.

Pada saat versi iOS terbaru resmi meluncur, maka banyak penggemar mengantisipasi rilis jailbreak baru pada versi iOS tertentu.

Melalui aktivitas jailbreak, para pengguna dapat menghilangkan batasan Apple terhadap device iOS yang mereka miliki. Dengan demikian, para pengguna bisa lolos dari berbagai batasan-batasa yang telah ditentukan Apple.

Baca Juga: Cara Reset iPhone Tanpa iTunes Terupdate, Mudah dan Aman!

Cara Jailbreak iPhone Paling Praktis dan Cepat

Seperti yang kita ketahui bahwa Apple merupakan salah satu perusahaan yang cukup ketat dalam mengelola beragam jenis layanan yang mereka miliki.

Ini termasuk dalam urusan pengembang sistem operasi perangkat seluler, iOS.

Tentu terdapat alasan khusus bagi Apple dalam melakukan hal tersebut. Salah satunya adalah untuk melindungi para penggunanya dari berbagai jenis ancaman yang mungkin saja terjadi.

Meskipun demikian, tidak sedikit para pengguna Apple yang berusaha menghilangkan batasan tersebut. Hal ini bertujuan agar mereka memperoleh keleluasaan lebih.

Para pengguna pun memakai sebuah metode yang cukup populer yang disebut dengan “jailbreak”.

Baca Juga: Cara Reset iPhone Lupa Password Paling Praktis, Simak Tutorial Lengkap!

Mengenal Istilah Jailbreak

Sebelum mengenal tentang bagaimana cara jailbreak di perangkat iPhone, mungkin untuk beberapa kalangan masih asing dengan istilah satu ini.

Hampir sama dengan proses rooting pada perangkat Android, jailbreak adalah salah satu metode yang dapat pengguna manfaatkan untuk memperoleh kebebasan lebih dalam mengelola perangkat Apple, salah satunya adalah iPhone.

Dengan melakukan jailbreak pada perangkat, maka para pengguna dapat mengaktifkan beberapa fitu yang sebelumnya dibatasi oleh Apple. Misalnya saja seperti memasang aplikasi yang tidak terdapat pada App Store, memasang tema, tweak, atau yang lainnya.

Baca Juga :  HP Vivo S15 5G dalam Daftar Sertifikasi, Hadirkan Pengisian Cepat 80W!

Akan tetapi, metode ini tentu tidak sepenuhnya sama dengan rooting. Selain berbeda dari segi platforma, jailbreak hanya dapat membuka akses ke dalam sistem secara terbatas.

Sedangkan rooting dapat membuka sistem secara keseluruhan. Dengan kata lain, iOS merupakan merupakan platform tertutup atau close source yang sumbernya tidak dapat diakses oleh sembarang orang.

Menariknya lagi, selain cara jailbreak pada perangkat iPhone yang cukup mudah, ternyata aktivitas ini legal di mata hukum pada beberapa wilayah, termasuk di Amerika Serikat.

Untuk melakukan jailbreak pada iPhone, hal penting pertama adalah dengan mencadangkan data iPhone Anda terlebih dahulu.

Anda dapat mencadangkannya secara nirkabel dengan iCloud, maka iTunes akan secara otomatis mencadangkan semua data perangkat iPhone Anda.

Dengan demikian, setelah melakukan jailbreak, Anda pun dapat menjalankan pemulihan dengan mudah.

Pastikan Anda telah menyinkronkan perangkat Anda dalam beberapa waktu terakhir. Hal ini akan dapat mencadangkan perangkat secara default.

Baca Juga: Mode Daya Rendah iPhone, Berikut Cara Mengubah dan Mengaktifkannya

Langkah Mudah Jailbreak iPhone

Untuk menjalankan proses jailbreak, Anda harus terlebih dahulu memperbarui perangkat Anda ke iOS versi terbaru. Dalam hal ini Anda dapat menggunakan iTunes untuk mengelola pembaharuan perangkat iPhone Anda.

Bisa juga menggunakan pembaruan over-the-air (OTA) yang lebih nyaman pada perangkat Anda. Selanjutnya, Anda dapat memanfaatkan adanya aplikasi tambahan untuk mempermudah proses jailbreak iPhone Anda.

Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi Cydia Impactor. Berikut ini cara jailbreak untuk perangkat iPhone secara lebih lengkap:

  1. Pertama unduh Unc0ver 6.0.x IPA terbaru
  2. Selanjutnya, silahkan unduh Cydia Impactor agar dapat memindahkan Unc0ver IPA menuju perangkat Anda. Aplikasi ini dapat Anda unduh untuk Mac atau PC Windows dari cydiaimpactor.com
  3. Kemudian untuk Windows dan Mac silahkan Instal iTunes serta iCloud versi terbaru
  4. Lalu pastikan fitur “Temukan iPhone Saya” telah Anda matikan. Selain itu, pastikan pula tidak ada pembaruan OTA yang menunggu untuk dipasang dan kode sandi perangkat dinonaktifkan
  5. Cara jailbreak iPhone selanjutnya aktifkan mode pesawat dan sambungkan iPhone atau iPad Anda ke PC atau Mac
  6. Berikutnya luncurkan Cydia Impactor di komputer Anda lalu gunakan perangkat lunak untuk membuat Unc0ver IPA di perangkat Anda
  7. Silahkan buka Pengaturan> Umum> Profil. Pastikan profil Unc0ver telah teridentifikasi sebagai terpercaya oleh iOS
  8. Anda dapat luncurkan dari layar beranda di perangkat Anda, yakni aplikasi unc0ver
  9. Setelah termuat, silahkan tombol “Jailbreak” Anda klik dan tunggu hingga prosesnya selesai.
Baca Juga :  HP Sony Xperia 1 IV Segera Meluncur, Simak Spesifikasi dan Harganya!

Cara jailbreak iPhone di atas akan memakan waktu dan perangkat mungkin akan reboot beberapa kali. Setelah proses selesai, maka Anda akan melihat pop up “jailbreak complete” muncul, dan ikon Cydia pun akan muncul pada layar beranda Anda. (R10/HR-Online)