Cara Mengkalibrasi Baterai iPhone Agar Daya Kembali Normal

Cara kalibrasi baterai iPhone sebaiknya Anda lakukan jika kondisinya kurang baik. Sehingga kondisi baterai bisa lebih stabil. Bagi Anda pengguna iPhone, tentunya kalibrasi bukan hal yang asing lagi.

Namun jika Anda belum tahu caranya, Anda bisa membaca penjelasan berikut ini. Dengan mengetahui caranya, tentunya melakukan kalibrasi akan lebih mudah.

Baca Juga : Penyebab iPhone Restart Sendiri dan Cara Mengatasinya

Cara Mengkalibrasi Baterai iPhone yang Bermasalah

Bagi Anda yang tidak tahu kalibrasi, tentu terdengar asing. Kalibrasi baterai sendiri merupakan istilah untuk mengatur masa pakai baterai.

Hal ini agar daya stabil dan sebaiknya Anda melakukannya kurang lebih setiap 3 bulan sekali. Namun, jika baterai bermasalah, lebih baik Anda segera mengkalibrasinya.

Sebenarnya melakukan hal ini hanyalah hal sepele untuk mengosongkan baterai dan mengisinya kembali. Saat baterai iPhone bermasalah, segera kalibrasi.

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan. Berikut adalah langkah-langkah mudah yang perlu Anda lakukan saat mengkalibrasi baterai.

Baterai Kosong

Cara kalibrasi baterai iPhone yang pertama adalah dengan menguras baterai terlebih dahulu. Jika baterai benar-benar bersih biarkan iPhone mati dengan sendirinya.

Lakukan berbagai aktivitas di perangkat Anda agar baterai cepat habis bahkan habis.

Tunggu Hingga 3 Jam

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan setelah baterai iPhone benar-benar habis adalah diamkan. Kami menyarankan Anda meninggalkan iPhone setidaknya selama 3 jam.

Kali ini memang cukup tepat untuk mengosongkan baterai iPhone dengan benar. Biasanya perangkat yang mati dengan sendirinya juga tetap menghemat daya walaupun sedikit.

Baca Juga :  HP Realme RMX3372 Sertifikasi TENAA, Identik dengan GT NEO 2!

Untuk benar-benar memastikan baterai kosong Anda bisa melakukan ini. Tunggu hingga 3 jam sebagai salah satu cara untuk mengkalibrasi baterai iPhone.

Baca Juga : Fitur iPhone iOS 15.4 Lengkap dengan Cara Downloadnya, Gampang!

Isi daya iPhone Sepenuhnya

Setelah kedua langkah tersebut sudah kamu lakukan saatnya mengisi baterai iPhone hingga 100% penuh. Pastikan chargernya ORI, charger terus sampai full, dan terus sampai 2 jam padahal batre 100%.

Tiriskan Baterai dan Ulangi

Jika baterai sudah 100% penuh dan Anda diamkan selama 2 jam, tiriskan kembali baterainya. Cara kalibrasi baterai iPhone adalah seperti ini.

Pastikan iPhone mati sendiri dan Anda dapat melakukan hal yang sama seperti sebelumnya. Kosongkan baterai, tunggu 3 jam, isi ulang hingga penuh 100%, dan tunggu 2 jam.

Nyalakan Kembali Fitur iPhone

Sebenarnya untuk mengkalibrasi baterai tidak sulit. Anda hanya perlu melakukan langkah-langkah ini dan jika prosesnya selesai Anda dapat mengaktifkan kembali fitur yang sebelumnya tidak aktif.

Misalnya pencahayaan iPhone, penyegaran latar belakangdan layanan lokasi atau GPS. Cara kalibrasi baterai iPhone cukup mudah dan bisa Anda lakukan sendiri.

Persiapan Kalibrasi Baterai

Sebenarnya sebelum Anda melakukan cara kalibrasi baterai iPhone ada hal-hal yang perlu dipersiapkan. Beberapa persiapan ini akan mempermudah proses kalibrasi. Untuk melakukan kalibrasi, Anda harus melakukan persiapan berikut.

Matikan Penyegaran Latar Belakang

Anda lebih baik matikan penyegaran latar belakang iPhone. Langkah untuk melakukannya cukup buka menu pengaturan > pilih opsi umum > Refresh aplikasi > pilih menu lagi dan nonaktifkan.

Nonaktifkan Pembaruan Otomatis

Ada persiapan lain saat melakukan kalibrasi, yaitu menonaktifkan memperbarui otomatis. Secara umum memperbarui otomatis di iPhone aktif secara default. Sebaiknya matikan sebelum Anda melakukan kalibrasi.

Baca Juga :  HP Samsung Galaxy A04s Segera Merapat, Simak Render yang Bocor!

Caranya juga cukup mudah, buka menu setting > klik opsi App Store & iTunes. Dalam kategori Unduhan Otomatis, Anda harus memilih pembaruan dan geser ke kiri untuk mematikannya.

Matikan GPS

Sebelum cara kalibrasi baterai iPhone mulai mati layanan lokasi atau GPS adalah salah satu persyaratannya. Buka menu pengaturan > gulir ke bawah untuk memilih opsi privasi > lalu klik layanan lokasi.

Kami merekomendasikan menekan tombol di/mati dan Anda dapat mengklik matikan di iPhone.

Baca Juga : Cara Aktivasi iPhone Baru Anti Rumit, Begini Tutorialnya

Kurangi Kecerahan

Langkah pertama yang juga perlu Anda perhatikan adalah pengaturan kecerahan dalam posisi rendah. Cara mengaturnya adalah dengan membuka menu pengaturan.

Kemudian geser ke bawah dan Anda dapat memilih tampilan dan kecerahan. Geser ke kiri pada pengaturan hingga macet di posisi paling redup.

Sebenarnya untuk kalibrasi ini cukup mudah. Anda hanya perlu melakukan beberapa persiapan dengan menonaktifkan beberapa fitur iPhone.

Setelah Anda melakukan beberapa persiapan ini, sebaiknya Anda segera menggunakan metode kalibrasi baterai iPhone yang ada. Sebaiknya lakukan kalibrasi setiap 3 bulan sekali. Jika baterai bermasalah, Anda bisa langsung melakukan kalibrasi. (R10/HR-Online)