HP Oppo A57 5G Resmi Dirilis, Cek Spesifikasi dan Harganya

HP Oppo A57 5G resmi diluncurkan untuk pangsa pasar negara asalnya, yakni China, pada 15 April 2022 kemarin. Spesifikasi HP Oppo A57 terbaru ini terbilang mumpuni untuk kelasnya.

Sebagai informasi, bahwa seri A57 dirilis pada akhir 2016. Jadi, untuk versi terbaru yang dirilis pada tahun 2022, sudah pasti memiliki spesifikasi yang lebih baik dari pendahulunya.

Baca Juga : HP Oppo Reno8, Ponsel Pertama yang Hadir dengan Soc SD 7 Gen 1!

Salah satu spesifikasi yang paling membedakan adalah seri terbaru ini mendukung konektivitas jaringan internet 5G.

Spesifikasi dan Harga HP Oppo A57 5G

Oppo A57 5G hadir sebagai versi yang lebih baik dari seri sebelumnya, yakni A56 5G. Seperti pembaruan dari sisi chipset, kapasitas RAM lebih besar. Kemudian, layar yang ditingkatkan, dan beberapa peningkatan lainnya.

Meski sudah ada beberapa penyempurnaan, smartphone ini masih merupakan ponsel kelas entry level yang sudah 5G.

Model smartphone terbaru dari vendor asal China ini ditenagai oleh chipset Dimensity 810 dengan fabrikasi 6 nm.

Sementara itu, kecepatan clock sedikit lebih tinggi dari seri A56 5G. Itu didasarkan pada CPU Cortex-A76 dengan kecepatan 2,4 GHz.

Kemudian konfigurasi spesifikasi HP Oppo A57 5G di bagian RAM berkapasitas 6 GB. Selain itu, smartphone ini juga mendukung kapasitas RAM sebesar 8 GB.

Sedangkan untuk penyimpanan internalnya berkapasitas 128 GB. Untuk versi RAM 6 GB menggunakan tipe UFS 2.2, dan UFS 2.1 untuk RAM 8 GB. Ada juga slot penyimpanan eksternal microSD.

Hal lain yang menjadi keunggulan ponsel Oppo ini adalah hadir dengan sistem operasi (OS) berbasis Android 12, dan menjalankan antarmuka Color OS 12.1.

Baca Juga :  Cara Hapus Akun Tinder Android yang Benar dan Mudah, Ini Langkahnya!

Selain itu, sistem dapat menambahkan RAM 5 GB melalui RAM virtual.

Layar Bantuan

Sementara spesifikasi HP Oppo A57 5G dari sektor layar, Anda tidak perlu ragu lagi. Bahkan smartphone dapat memuaskan pengguna yang suka bermain game atau menonton film.

Hal ini dikarenakan seri A terbaru memiliki layar LCD berukuran 6,56 inci. Kecepatan refresh juga meningkat dari 60 Hz, menjadi 90 Hz.

Namun resolusi layarnya sama dengan varian A56 5G, yakni 720 x 1.612 piksel.

Kemungkinan layarnya kurang tajam. Namun, setidaknya gambar di layar akan memiliki gamut warna yang lebar.

Ini karena layar menawarkan cakupan sRGB 100% dalam mode Natural, dan 100 persen DCI-P3 dalam mode Vivid. Kecerahan tetap tidak berubah pada 480 nits.

Kamera dan Baterai

Beralih ke spesifikasi lainnya, HP Oppo A57 5G ini mengusung dua kamera di sektor belakang dan 1 untuk depan.

Oppo A57 5G ini menawarkan pengaturan dasar dengan kamera utama 13 MP (lebar) dengan aperture f/2.2, dan sensor kedalaman dengan resolusi 2 MP.

Sementara di bagian depan terdapat kamera selfie melengkung 8 MP dengan bukaan f/2.0. Perekaman video keduanya mencapai 1080p pada 30 fps.

Sedangkan spesifikasi lainnya, seri ini mengusung baterai dengan kapasitas daya 5.000 mAh. Sayangnya tidak dibekali fast charging, hanya mengandalkan pengisian 10W, via USB-C.

Fitur dan Harga

HP Oppo A57 5G masih memiliki colokan untuk jack headphone 3.5mm yang terpasang. Namun salah satu peningkatan dari model sebelumnya adalah hadirnya speaker stereo.

Kemudian fitur lainnya, konektivitas Wi-Fi 5, Bluetooth versi 5.2 dengan codec audio aptX HD serta LDAC berkualitas tinggi dan dual 5G.

Bahkan, Oppo A57 5G memiliki antena sekunder yang terpasang di sisinya, untuk memastikan koneksi yang stabil saat tangan Anda menutupi antena utama.

Baca Juga :  HP Vivo V25 Pro 5G Akan Tiba di India dengan Varian Warna Menarik

Meskipun fitur NFC tidak tersedia, untuk pembayaran seluler Anda dapat menggunakan sistem lain, seperti WeChat, AliPay, dan lainnya.

Sedangkan untuk sistem keamanan ponselnya menggunakan sensor pembaca sidik jari yang dipasang di bagian samping.

Sayangnya, belum ada informasi resmi dari pihak Oppo apakah varian terbaru ini akan hadir di Indonesia atau tidak.

Untuk harga, spesifikasi HP Oppo A57 5G dengan RAM 8 GB dan memori internal 128 GB dibanderol 1.499 Yuan atau sekitar Rp. 3,38 juta. Namun untuk varian RAM 6 GB dengan penyimpanan internal 128 GB belum ada informasi harga resminya. (R5/HR-Online/Editor-Adi)