HP Samsung Galaxy S9 Plus Tidak Dapat Update Android, Apa Penyebabnya?

Samsung Galaxy S9 Plus bersama dengan Galaxy S9 tidak akan menerima pembaruan perangkat lunak. Smartphone andalan di awal tahun 2018 ini tidak lagi masuk dalam daftar perangkat produk Samsung yang memenuhi syarat untuk mendapatkan update keamanan.

Dengan kata lain, Galaxy S9 dan S9 Plus tidak akan mendapatkan patch keamanan lagi. Ini menandai akhir dari perjalanan empat tahun perangkat yang gemilang.

Baca juga: HP Samsung Galaxy M34 5G Meluncur 2023, Simak Bocoran Spesifikasinya!

Samsung Galaxy S9 Plus Tidak Menerima Pembaruan Android

Dalam laporan terbaru, Samsung telah menghapus halaman keamanan seluler untuk seri Galaxy S9 ini.

Samsung Galaxy S9 serta S9 Plus tidak akan lagi menerima pembaruan keamanan. Ini menandai akhir dari semua pembaruan perangkat lunak dari lini seri.

Langkah ini sebenarnya tidak terlalu mengejutkan. Karena kedua perangkat ini adalah ponsel berusia 4 tahun.

Samsung sebelumnya hanya berkomitmen untuk 4 tahun pembaruan untuk perangkat terbaiknya.

Samsung selalu menurunkan perangkat ke jadwal pembaruan triwulanan. Ini biasanya terjadi ketika telepon berada di tahun terakhir dukungannya.

Baca juga: HP Samsung Galaxy F13 Muncul di Geekbench dengan SoC Exynos 850

Tentang Pembaruan Ponsel Cerdas Samsung

Perusahaan baru-baru ini meningkatkan dukungan perangkat lunak ke beberapa perangkat yang lebih baru, hingga 5 tahun memimpin. Namun, seri Galaxy S9 tidak akan mendapat manfaat dari pembaruan tersebut.

Pembaruan keamanan Maret 2022 adalah yang terakhir untuk ponsel Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus.

Keputusan ini sebenarnya bukan bagian dari rencana pembaruan empat tahun Samsung. Namun, keputusan tersebut tetap berlaku untuk kedua ponsel seri Galaxy S9.

Sejauh menyangkut pembaruan Android, Galaxy S9 dan S9 Plus tertinggal di belakang pembaruan One UI 2.5 berbasis Android 10.

Baca Juga :  Cara Melacak HP Android yang Hilang dengan Mudah Anti Ribet

Pengguna dapat secara tidak resmi mem-porting Android 11 dan Android 12 di perangkat.

Dalam hal ini pengguna harus memiliki bootloader yang tidak terkunci serta TWRP yang diinstal untuk mem-flash Noble ROM. Namun, pengguna mungkin menemukan beberapa fitur yang hilang dan menemukan beberapa bug jika ini yang dilakukan pengguna.

Untungnya, baik HP Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus memiliki adegan pengembangan custom ROM yang cukup aktif.

Jadi, jika perangkat lunak usang itu memiliki kesalahan dan pengguna tidak ingin beralih ke perangkat yang lebih baru, maka ada solusinya.

Pengguna dapat menginstal ROM berbasis Android 12. Ini akan menyegarkan perangkat.

Baca juga: HP Samsung Galaxy A73 5G diluncurkan di India, mulai dijual 8 April mendatang

Mengingat Spesifikasi Samsung Galaxy S9 Plus

Seperti hampir semua ponsel seri Galaxy S unggulan lainnya, seri S9 hadir dalam dua varian regional. Salah satu dari dua varian hadir dengan dukungan Snapdragon 845 dan varian lainnya mendukung Exynos 9810.

Samsung S9 Plus menggunakan panel berukuran 6,2 inci lebih besar dengan resolusi lebih tinggi, dibandingkan Galaxy S9 yang mengemas layar melengkung 5,8 inci.

Dalam hal kamera, S9 hadir dengan kamera belakang tunggal 12 MP. Sementara itu, Samsung Galaxy S9 Plus hadir dengan pengaturan kamera ganda yang terdiri dari unit telefoto utama 12 MP dan 12 MP. (R10/HR-Online)