Ejector SIM Card Hilang Jangan Panik, Gunakan Beberapa Hal Ini

Ejector kartu SIM hilang, jangan panik. Anda bisa menggunakan cara alternatif lain untuk menggantinya. Kartu SIM merupakan komponen penting bagi mereka yang menggunakan ponsel.

Karena kartu SIM berada di dalam baki SIM, tentu Anda membutuhkan alat untuk membukanya. Apakah mungkin membuka baki SIM HP tanpa harus menggunakan alat khusus?

Bahkan, untuk memudahkan pengguna melepas baki SIM, produsen smartphone telah melengkapinya dengan alat yang disebut ejector.

Dengan menggunakan ejector tentunya akan jauh lebih mudah ketika ingin mengganti SIM card ponsel.

SIM ejector atau biasa disebut kartu SIM sunduk merupakan alat yang cukup penting ketika seseorang ingin mengganti internet prime atau kartu baru. Tetapi bagaimana jika ejector kartu SIM hilang?

Jadi bagaimana kita menghapus baki SIM? Anda tidak perlu panik, karena ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menggantikan peran ejector. Ada beberapa benda yang bisa menjadi alternatif untuk membuka slot SIM card.

Baca juga: Ganti SIM Card Tanpa Matikan Ponsel, Benarkah Aman?

Cara Mengatasi SIM Card Ejector Hilang

Smartphone kini memiliki desain yang menarik dan modern. Sehingga casing belakang tidak bisa lagi dibuka seperti handphone bekas. Bahkan baterai menggunakan baterai built-in.

Desain unibody pada ponsel ini semakin tipis dan tentunya semakin memudahkan saat digunakan saat membawanya. Layarnya juga akan terlihat lebar, dilengkapi fitur tahan air.

Karena casing belakang tidak bisa dilepas, slot kartu SIM saat ini bergerak ke tepi dengan menggunakan SIM ejector.

Di slot ini biasanya tersedia untuk penempatan dua kartu SIM dan satu Micro SD dalam sekali coba. Dengan desain seperti ini memudahkan pengguna karena tidak perlu lagi membongkar casing untuk memasukkan kartu SIM atau Micro SD.

Baca Juga :  HP Realme C30 Akan Meluncur di India, Siap Hadirkan Inovasi Kelas Atas!

Dengan kemudahan ini, Anda juga membutuhkan bantuan SIM ejector. Karena bentuknya yang kecil, terkadang mudah hilang. Jika sudah terjadi seperti ini, maka membuat Anda bingung saat ingin menggunakannya.

Bahkan jika ejektor SIM hilang, ada cara lain yang dapat Anda gunakan. Berikut beberapa hal yang bisa menggantikan peran ejector kartu SIM yang hilang.

Baca juga: SIM Card Tidak Bisa Dibaca, Simak Cara Mengatasinya!

Pin atau Jarum

Satu hal yang dapat membantu ketika ejector kartu SIM hilang adalah peniti atau jarum. Yang terbaik adalah menemukan peniti atau jarum dengan ujung tumpul.

Ini perlu Anda lakukan untuk keamanan. Jangan sampai pen atau jarum tersangkut di bantalan karet lubang ejektor SIM.

Isi Staples

Sebenarnya, ada banyak tempat penyedia ejector kartu SIM jika yang Anda miliki hilang. Namun jika kondisinya mendadak dan Anda harus segera mencoba membuka SIM, maka gunakan benda-benda yang ada di sekitar.

Salah satunya dengan menggunakan isi staples. Ada baiknya untuk membungkus isi staples dengan tisu terlebih dahulu sebelum digunakan.

Dengan melakukan ini, Anda tidak akan melukai tangan Anda. Jadi mengganti kartu SIM ponsel Anda jauh lebih mudah dan aman.

Tusuk gigi

Tusuk gigi mungkin akan mudah Anda temukan. Anda juga bisa menggunakan benda yang satu ini sebagai pengganti ejector kartu SIM yang hilang. Lebih baik untuk membagi tusuk gigi menjadi dua bagian terlebih dahulu.

Hal ini perlu Anda lakukan agar bisa masuk ke lubang slot kartu SIM. Sebaiknya juga disesuaikan dengan ketebalan tusuk gigi. Jangan paksa dia masuk.

Jika tusuk gigi Anda patah, bisa masuk ke lubang dan menimbulkan masalah baru yang cukup berisiko.

Baca Juga :  HP Motorola Moto G62 5G dalam Sertifikasi, Fitur Utama Mulai Terungkap!

Baca juga: Koneksi Internet Lambat? Begini cara ganti APN semua SIM card biar cepat

Klip kertas

Cara lain yang dapat membantu Anda membuka baki SIM adalah dengan penjepit kertas. Anda bisa menggantinya karena penggunaannya hampir sama dengan SIM ejector.

Anda cukup membuka lipatannya sampai lurus. Setelah itu, masukkan ke dalam tempat SIM card agar bisa keluar.

Menggunakan ponsel Android kini lebih praktis dan mudah. Bahkan desainnya juga menarik. Ini dengan kemudahan memasang kartu SIM tanpa membuka kasing.

Anda dapat menggunakan bantuan ejector SIM. Namun ketika ejector kartu SIM hilang, Anda tidak perlu panik. Anda dapat menggunakan beberapa item yang ada. (R10/HR-Online)