SIM Ejector Rusak di HP, Begini Cara Memperbaikinya

SIM ejector yang rusak di ponsel sering terjadi dan menyebabkan kepanikan. SIM ejector adalah benda kecil yang berguna untuk membuka dan memasukkan baki sim atau letakkan kartu sim di ponsel.

Umumnya smartphone yang menggunakan tipe sim ejector adalah tipe hp unibody atau pintu belakang yang memang tidak bisa dilewatkan.

Ponsel yang mengadopsi sistem slot Hybrid dalam menempatkan kartu sim atau micro SD berada di baki sim yang sama. Untuk memancing baki sim keluar maka perlu sim ejector ini.

Namun, sim ejector cukup rawan digunakan. Sering putus sampai tersangkut di slot. Jika ini masalahnya, Anda perlu cara untuk mengatasinya.

Baca juga: Cara Aktivasi HP Tanpa Tombol Power, Solusi Tombol Power Rusak!

Cara Mengatasi SIM Ejector Rusak di Slot HP

Ukuran sim ejector yang kecil memungkinkannya mudah pecah bahkan cepat hilang jika tidak diletakkan pada tempat yang tepat.

Alat sim ini sangat berguna ketika Anda ingin mengubah internet prime juga berguna untuk mengatur ulang beberapa perangkat keras. Jika rusak di dalam, maka Anda perlu cara lain untuk membukanya.

Jika Anda kehilangan alat sim maka baki sim menjadi sulit untuk keluar. Bahkan slot kartu sim macet.

Alat sim rusak sering dialami oleh pengguna Android. Sampai kita tidak bisa melepas slot sim card yang terkunci didalamnya. Jika sudah seperti ini maka anda perlu melepas ejector sim yang rusak.

Baca Juga :  HP Samsung Galaxy Note 21 5G Batal Rilis, Ini yang Akan Terjadi!

Mengganti Alat Sim Rusak dengan Jarum

Jika Anda tidak memiliki solusi, maka Anda dapat menggunakan jarum untuk melepas ejector SIM yang rusak di dalamnya.

Beberapa hal penting kita perhatikan, karena menggunakan jarum cukup tajam. Jika tidak hati-hati bisa merusak slot sim.

Jika slot sim card tidak bisa keluar atau macet maka perlu menyiapkan jarumnya.

Pertama siapkan jarum tipis atau silet. Masukkan jarum atau pisau cukur ke dalam slot slime.

Gunakan jarum lain dan tekan jarum secara bersamaan dan goyangkan pisau cukur atau jarum hingga slot kartu sim keluar.

Gunakan Penjepit Kertas untuk Melepaskan Baki SIM

Anda dapat menggunakan penjepit kertas sebagai pengganti ejektor SIM yang rusak di dalamnya. Baik untuk membuka kartu sim atau baki sim di Android Anda.

Caranya adalah dengan membuka lipatan penjepit kertas sehingga membentuk garis lurus. Selanjutnya kamu masukkan pin agar tempat sim card keluar.

Jika patahan sim ejector masih tertinggal di dalam, dengan tekanan penjepit kertas, Anda dapat melepasnya dengan mudah.

Baca juga: Kekurangan HP Ganti LCD yang Wajib Kamu Tahu, Awas

Kondisi Darurat Gunakan Anting Tindik

Jika Anda dalam kondisi mendesak dan tidak dapat menemukan cara lain maka buka baki sim Anda bisa menggunakan anting tusuk.

Anda cukup melepas anting dan memasukkannya ke dalam slot yang disediakan untuk menekan bantalan bagian dalam. Yang seperti itu baki sim bisa keluar.

Gunakan tusuk gigi

Jika sim ejector kalian rusak bagian dalam atau hilang saat digunakan, kalian bisa memperbaikinya dengan tusuk gigi.

Anda dapat menggunakan tusuk gigi dengan ujung runcing untuk membukanya baki sim. Jika ukurannya besar maka Anda bisa membaginya menjadi dua agar bisa masuk ke dalam lubang.

Baca Juga :  Cara Hapus Akun Tinder Android yang Benar dan Mudah, Ini Langkahnya!

Namun Anda perlu memperhatikan penggunaannya karena SIM ejectornya rusak di bagian dalam. Jangan sampai ada sisa tusuk gigi di dalam karena menyebabkan slot sim card macet.

Membuka Slot Baki Sim dengan Plastik Mika

Caranya adalah dengan menggunakan plastik mika yang cukup kaku atau keras. Gunting plastik mika seukuran kartu sim dengan ujung lonjong.

Kemudian siapkan jarumnya. Masukkan plastik mika ke dalam sela-sela slot hingga mencapai ujung.

Kemudian masukkan jarum ke dalam lubang yang biasa dimasukkan sim ejector. Lakukan bersamaan dengan cara menekan lubang sim ejector dan menarik serta mengocok plastik mika. Lakukan ini berulang kali sampai slot baki sim atau kartu keluar.

Baca juga: Cara Membuat Foto Siluet di Ponsel Android Menggunakan Bantuan Aplikasi

Kunjungi Pusat Servis HP terdekat

Jika beberapa cara tersebut tidak dapat menyelesaikan masalah Anda, maka satu-satunya cara adalah pergi ke service center terdekat dengan lokasi Anda.

Meski membutuhkan biaya, singkatnya, masalah-masalah tersebut dapat diselesaikan dengan cepat dan tepat.

Penanganan yang tidak tepat justru akan menimbulkan kerusakan lain, baik pada slot kartu sim maupun baki sim yang sangat rusak sehingga tidak dapat dihilangkan. Jadi pilihan terbaik adalah membawanya ke tempat servis untuk memperbaiki ejector SIM yang rusak di ponsel Anda. (R10/HR-Online)